Jumat, 24 Agustus 2018

Pengertian Kerja Bangku dan Peralatan Kerja Bangku


Kerja Bangku
Kerja Bangku Adalah pekerjaan perkakas tangan yang di gunakan untuk melakukan pembentukan, perbaikan dan perakitan yang sesuai dengan masing-masing fungsi peralatan tangan dengan mesin dan semua pekerjaan dilakukan di atas meja kerja (work bench). Kerja bangku meliputi pekerjaan yang bisa atau dapat dilakukan diatas meja. Contohnya: Mengikir, mengetap, menggeerinda, melukis ,menandai, menggergaji, menekuk, mengebor dan  pekrjaan merakit serta finishing. Sebelum pekerjaan-pekerjaan tersebut diatas terlebih dahulu mengetahui dan memahami tentang alat ukur. Seperti contohnya: mistar baja ,jangka sorong, rolmeter, mikrometer dan juga harus mengetahui tentang peralatan-peralatan tangan yang standar, itulah yang disebut kerja 
Pekerjaan kerja bangku meliputi berbagai jenis kontruksi geometris yang sesuai dengan perintah kerja. Kerja bangku tidak hanya menitik beratkan pada pencapaian hasil kerja, tetapi juga pada prosesnya. Dimana pada proses tersebut lebih menitik beratkan pada etos kerja yang meliputi ketekunan, disiplin, ketahanan, serta teknik sebagai dasar sebelum melanjutkan ke pengerjaan yang menggunakan mesin - mesin produksi. Kunci kesuksesan dari kerja bangku ini adalah kesabaran dan ketelitian dalam bekerja. Karena setiap pekerjaan yang dilakukan pasti akan menyita waktu yang lama bila dibandingkan dengan alat yang menggunakan mesin pada waktu sekarang Pada bengkel kerja bangku peralatan ukur yang digunakan harus benar-benar presisi, maka peralatan ukur, cara memegang alat ukur, cara melakukan pengukuran, dan kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam pengukuran harus benar-benar diketahui secara baik. 


Peralatan Kerja Bangku
Berikut adalah macam-macam peralatan kerja bangku
1.             Kikir
Kikir adalah salah satu alat yang paling penting dalam pekerjan kerja bangku. Kikir memiliki batang baja yang mempunyai gigi-gigi pemarut yang bahan dasarnya dibuat dari bahan baja karbon tinggi.
Adapun fungsi utama dari kikir adalah untuk meratakan dan  menghaluskan suatu bidang, membuat rata dan menyiku antara bidang satu dengan bidang lainnya.membuat rata dan sejajar, membuat bidang-bidang berbentuk dan sebagainya.. Ukuran panjang sebuah kikir adalah panjang badan ditambah dengan tangkainya.
Penampang kikir ada yang dibuat bermacam-macam bentuk, ada yang bulat, segitiga, persegi, tembareng, segi empat panjang, dan bentuk pipih. Kegunaan dari macam jenis penampang ini adalah untuk mengikir celah atau lubang bentuk bujursangkar dan sebagainya

2.             Ragum
Ragum adalah alat untuk menjepit benda kerja. Untuk membuka rahang ragum dilakukan dengan cara memutar tangkai/tuas pemutar ke arah kiri (berlawanan arah jarum jam) sehingga batang berulir akan menarik landasan tidak tetap pada rahang tersebut, demikian pula sebaliknya untuk pekerjaan pengikatan benda kerja tangkai pemutar diputar ke arah kanan (searah jarum jam). Untuk beberapa jenis pekerjaan tertentu, teknik pengaturan tinggi ragum yang sesuai dapat dilakukan dengan aturan tersendiri. Tinggi ragum harus disesuaikan dengan bentuk dari benda yang akan dikerjakan dan dengan ketinggian orang yang menggunakan. Untuk pengikiran yang menggunakan tenaga yang besar, ragum harus di pasang lebih rendah. Untuk orang yang tinggi, biasanya ketinggian ragum diatur oleh alas yang rata, sedangkan untuk orang yang pendek, tinggi yang sesuai dapat diatur oleh alas kayu/jeruji di atas lantai. Untuk beberapa jenis pekerjaan tertentu, teknik pengaturan tinggi ragum yang sesuai dapat dilakukan dengan aturan tersendiri. 
Ragum berfungsi untuk menjepit benda kerja secara kuat dan benar, artinya penjepitan oleh  ragum tidak  boleh  merusak  benda  kerja. Biasa digunakan untuk menjepit benda kerja pada waktu pekerjaan mengikir, memahat dan yang lainnya. umumnya terbuat dari besi tuang atau baja tempa.
Berdasarkan kapasitasnya untuk mencekam dengan kuat atau memberikan tekanan tetap, ragum dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam produksi di bengkel-bengkel kecil dimana umumnya memerlukan penyesuaian peralatan dan teknik/metode untuk pekerjaan-pekerjaan secara manual dengan tangan. Operasi-operasi di bengkel besar akan memerlukan jig atau alat tekan yang dapat digabung dengan ragum tertentu atau alat lain dari ragum biasa.
Bagian- bagian pada ragum
3.             Jangka
Jangka adalah suatu alat yang terdiri dari dua buah plat logam yang dapat bergeser pada salah satu ujungnya dengan suatu engsel
4.             Meja Perata

Meja Perata ini berfungsi untuk menguji kerataan permukaan. Selain itu meja datar di gunakan untuk meletakkan benda kerja serta alat-alat menggambar. Biasanya meja perata (surface table) terbuat dari besi tuang, keramik atau batu granit. Alat ini dipergunakan sebagai landasan untuk memukul atau meratakan benda kerja yang bengkok. Harus diusahakan agar permukaan meja datar ini tidak rusak atau cacat, dan hasil lukisan atau pekerjaan yang dikerjakan tetap baik.
5.             Penitik
Penitikan adalah suatu proses penandaan dengan jalan menekan pada bagian yang diinginkan di benda kerja. Penekanan ini dilakukan terhadap benda kerja yang lebih lunak dibanding dengan kekerasan dari penitik itu sendiri.
6.             Penggores
Penggrores adalah suatu alat yang sederhana dan digunakan sebagai alat tulis untuk melukis benda-benda keras. Alat ini dibuat dengan ujung yang runcing dan tajam, serta lebih keras dari benda kerja yang digores (dilukis)
Ujung penggores umunya mempunyai sudut 20o – 25o.
7.             Mistar Baja
Kegunaan Mistar Baja
1.        Untuk mengukur benda krja
2.        Mengukur panjang, lebar,tingi
3.        Pengukuran dengan satuan millimeter,centimeter,inchi
Bagian Mistar Baja
1.        Bagian muka
2.        Bagian belakang
8.             High Gauge
Pengukur tinggi ( High gauge ) adalah suatu alat digunakan untuk mengukur ketinggian atau memeriksa ukuran tinggi benda kerja dan sekaligus dapat difungsikan untuk penanda atau pelukis pada bagian benda yang diukur atau garis gambar. alat ini terbuat dari baja perkakas 
 9.             Gergaji
Gergaji adalah sejenis alat yang digunakan untuk memotong sesuatu. Mata gergaji berbentuk gerigi, dan bentuk gigi gergaji tergantung pada bahan yang dipotong, misalnya kayu atau logam. Ada banyak jenis gergaji. Antaranya merupakan peralatan tangan yang bekerja dengan kekuatan otot. Beberapa gergaji memiliki sumber energi lain seperti uap, air atau listrik dan lebih kuat dari gergaji tangan. 
Gergaji biasanya menimbulkan suara bising. Menggunakan gergaji untuk memotong bahan agak berbahaya karena tepinya yang tajam. Bagian suatu benda yang dipotong gergaji bisa terbang tanpa disadari dan berbahaya buat pernapasan, mata dan kulit. Gergaji banyak digunakan untuk memotong berlian / intan, besi, kayu atau sesuatu bahan keras lainnya. 
* Gergaji yang paling sering digunakan adalah untuk memotong bahan keras. Gergaji digunakan secara ekstensif dalam kehutanan, konstruksi, pembongkaran, kedokteran, dan berburu.
* Gergaji Musik digunakan sebagai instrumen untuk membuat musik.
* Produksi Kayu / papan, panjang kayu persegi untuk digunakan dalam konstruksi, dimulai dengan penebangan pohon dan pengangkutan kayu untuk penggergajian.
Plainsawing : adalah untuk menggergaji Kayu untuk pemakaian struktural biasanya plainsawn (juga disebut flatsawn), metode membagi log yang menghasilkan hasil maksimum potongan berguna dan karena ekonomi terbesar.
Menggergaji Triwulan: Metode menggergaji menghasilkan tepi-butir atau kayu vertikal keuntungan, di mana cincin pertumbuhan tahunan berjalan lebih konsisten tegak lurus terhadap wajah potongan 'yang lebih luas.

Bagian-bagian gergaji:
1.      Bingkai
Terbuat dari pipa baja yang kuat dan kuku agar hasilnya lurus dan kuat bingkai yang dapat diatur terbuat dari pipa baja yang oval. Bingkai ini dapat di pakai untuk macam macam gergaji
2.      Tangkai
Biasanya terbuat dari bahan yang logam yang lunak
3.      Pasak daun gergaji
Pasak ini dipasang pada kedua bingkainya
4.      Mur kupu – kupu
Digunakan untuk mengngencangkan daun gergaji, pada pemasangan mata gergaji perlu diperhatikan arah matanya.
10.             Cap (Stamp)
Stempel terbuat dari baja paduan yang tidak dikeraskan karena sifatnya harus ulet (tought) dan cukup keras bisa mengalahkan benda yang distempel. Stampel adalah alat yang digunakan untuk mencetak angka – angka atau huruf pada benda kerja.
Stempel digunakan untuk menandai/memberi identitas suatu produk/benda kerja yang terbuat dari logam. Stampel ini juga dapat digunakan sebagai tanda kepemilikan masing – masing siswa. Biasanya digunakan nomor induk atau nomor absen siswa yang bersangkutan

11.             Pahat
Pahat, adalah peralatan yang sangat penting dalam kerja bangku. Peralatan tersebut merupakan peralatan pokok untuk membuat celah sambungan, melubangi dan membentuk benda kerja. Pahat untuk membuat celah dan melubangi harus dipukul dengan palu. Bentuk ujung pahat disesuaikan dengan jenis pekerjaan dan cara penggunaannya
12.             Penyiku
Penyiku adalah siku-siku yang digunakan untuk menyiku benda kerja. Siku-siku geser digunakan untuk mengetahui kesikuan atau pembanding kesikuan sudut yang tidak membentuk 90 derajat sedangkan siku-siku dipergunakan untuk mengetahui sudut yang dibentuk adalah tepat 90 derajat.
13.             Tap
Merupakan alat yang digunakan dalam kerja bangku sebagai peralatan produksi yang berfungsi sebagai pembuat ulir dalam/ drat.Dalam praktikum yang dilakukan tap yang digunakan adalah tap tangan yang terbuat dari bahan baja kerbon yang dikeraskan
14.             Snai
Snai adalah alat yang berfungsi untuk membuat alur pada benda hasil pengeboran atau membuat ulir skrup luar.
15.             Gunting Plat
Merupakan peralatan manual yang berfungsi sebagai alat pemotong plat yang berukuran pendek atau yang sulit di jangkau oleh mesin pemotong serta untuk memotong plat yang berbentuk radius atau lingkaran.
16.             Palu
Palu  dipergunakan  untuk  memukul  benda  kerja  pada pekerjaan  memahat,  mengeling, membengkok,  dan sebagainya.  Menurut  bentuknya  palu  dibedakan  dalam beberapa jenis yaitu palu penmukanya bulat dan bentuk kepalanya lancip, palu konde bentuk muka bulat dan puncaknya seperti bola, palu penmuka segi empat dan puncaknya lancip serta palu tembaga .
17.             Jangka Sorong
Vernier caliver atau jangka sorong adalah alat ukur presisi,sehingga ia dapat digunakan untuk mengukur benda kerja yang secara presisi atau benda kerja dengan tingkat kepresisian 1/100 milimeter  ketelitian dari alat ukur ini biasanya 5/100 milimeter.
18.             Mesin Bor
Mesin bor adalah alat untuk melubangi benda kerja dengan tenaga mesin. Mesin bor yang digunakan pada kerja bangku ada dua jenis yaitu mesin bor bangku  untuk pekerjaan-pekerjaan yang kecil sampai sedang dan mesin bor tiang untuk pekerjaan yang lebih besar

Artikel Terkait

Pengertian Kerja Bangku dan Peralatan Kerja Bangku
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 komentar

16 September 2020 pukul 12.25 Delete

Pak kenapa di sebut kerja bangku

Reply
avatar
6 Januari 2021 pukul 16.41 Delete

kerja bangku adalah suatu pengerjaan alat disebuah meja kerja dan pengerjaanya menggunakan perkakas tangan dengan pengerjaan benda di jepit oleh ragum dan dikikir sampai rata sampai ukuran yang di tentukan oleh jobsheet

Reply
avatar