Kamis, 30 Maret 2017

Makalah Bahasa Inggris,Efficient Reading

MAKALAH
BAHASA INGGRIS
EFFICIENT READING
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Kelulusan Mata Kuliah
Bahasa Inggris






Dosen Pengampu: Drs. H. Yun Surtiana, MA.

Oleh
Rizki Khoerul F         1603012
Kurnia Yusup             1603059
Rifka Firahlukma H   1603057
lham Zuliadin            1603061



JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017


KATA PENGANTAR

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Efficient Reading ini dengan baik, meskipun banyak kekurangan didalamnya. Kami berterima kasih pada Bapak Drs. H Yun Surtiana, MA selaku Dosen mata kuliah Bahasa Inggris yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
     Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai membaca cepat, dan juga bagaimana membaca dengan baik dan mencapai tujuan dari membaca tersebut. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
     Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya makalah yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.      


DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR.. i
DAFTAR ISI. ii
BAB I PENDAHULUAN.. 1
1.1 Latar Belakang. 1
1.2 Rumusan Masalah. 2
1.3 Tujuan Pembuatan Makalah. 2
BAB II PEMBAHASAN.. 3
2.1 Knowing What You Want from Reading. 3
2.2 Choosing the Right Material 4
2.3 Using the Text Effectively. 4
2.3.1 Flexibility. 5
2.3.1.1 Practising scanning. 5
2.3.1.2 Practising skimming. 6
2.3.2 Making Use of All the Resources. 6
2.3.3 Improving Reading Speed. 6
BAB III PENUTUP.. 8


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Membaca sangat penting dalam kehidupan manusia untuk mencari informasi atau menambah wawasan dan pengetahuan. Pelajaran membaca secara formal diajarkan sejak dini. Murid-murid Taman Kanak-kanak sudah belajar mengenal huruf-huruf sampai dengan kalimat-kalimat sesuai dengan kemampuan berpikir mereka. Dalam bahasa Inggris terdapat pelajaran membaca yaitu Reading Comprehension, artinya membaca dengan memahami apa yang dibaca atau understanding. Biasanya buku pelajaran mengenai Reading Comprehension dirancang berupa wacana yang disertai dengan pertanyaan seputar wacana untuk mengetahui apakah pembaca dapat memahami apa yang dibaca. Reading Comprehension diberikan sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi pada pelajaran atau mata kuliah bahasa Inggris. Pada umumnya di Perguruan Tinggi, mata kuliah ini diajarkan selama satu semester dan sangat bermanfaat karena masih banyak buku acuan mahasiswa yang masih ditulis dalam bahasa Inggris.
Berdasarkan kurikulum 1994 pelajaran bahasa Inggris diberikan sejak kelas V Sekolah Dasar, jadi seharusnya relatif tidak ada kesulitan dalam memahami wacana berbahasa Inggris. Akan tetapi realitanya, masih banyak sarjana lulusan universitas yang masih mendapat kesulitan dalam memahami bacaan jurnal dan textbook reading berbahasa Inggris. Alisjahbana (1990:320) menyatakan bahwa setelah belajar bahasa Inggris selama 6 tahun sejak Sekolah Menengah Atas sederajat sampai masuk Perguruan Tinggi para mahasiswa  Indonesia tidak dapat membaca dan menulis dalam bahasa Inggris dengan baik. Hal ini akan menjadi salah satu kendala bagi lulusan Perguruan Tinggi, terutama yang akan melanjutkan studinya ke luar negeri.

1.2 Rumusan Masalah

Rumusan masalah pada makalah ini adalah:
1.             Apa itu Efficienst Reading?
2.             Bagaimana cara Efficient Reading?
3.             Bagaimana cara mengetahui tujuan membaca?
4.             Bagaimana cara memilih topik bacaan yang baik?
5.             Bagaimana cara memilih teks yang efektif?

1.3 Tujuan Pembuatan Makalah

Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah selain sebagai salah satu syarat memenuhi tugas, didalam membaca serta dalam kecepatan membaca sangat penting dan lebih cepat memahami wacana yang kita baca. Makna yang terdapat  dalam wacana akan mudah dipahami karena  gagasan atau ide-ide  yang terdapat dalam suatu wacana satu sama lain saling berkaitan. Lebih cepat memahami keterkaitan gagasan–gagasan dalam suatu wacana, lebih cepat memahami makna wacana yang kita baca. Pembaca yang cepat akan mengonsentrasikan dirinya lebih baik karena konsentrasi sangat penting untuk memahami apa yang kita baca.

BAB II
PEMBAHASAN

EFFICIENT READING
Menurut pendapat Christine Nuttal (2000:44), pemahaman bukan satu-satunya kriteria untuk efficient reading, kecepatan membaca juga sangat penting. Efficiency means using the least effort to obtain satisfactory results; we want the students to use their time and energy to best effect. But understanding is not the only criterion for efficient reading; another is the time taken to read.  These two criteria often conflict: who has read more efficiently_someone who has understood more, or someone who has read faster? To answer the question, you need to know the reader’s purpose.   Efficient berarti tepatguna. Dengan efficient reading, penulis ingin membantu para mahasiswa untuk memahami reading text atau wacana berbahasa Inggris dengan cepat dan hasil terbaik. Untuk mengetahui mana yang lebih efisien, memahami wacana lebih baik atau membaca lebih cepat, tergantung dari tujuan anda membaca.

2.1 Knowing What You Want from Reading

Syarat pertama untuk efficient reading adalah mengetahui tujuan kita membaca; kemudian pembaca dapat menentukan hasilnya sesuai dengan berapa baik dan berapa cepat yang telah dicapai dalam memahami wacana tersebut. Kriteria efisiensi tidak sama sesuai dengan tujuan Anda membaca Jika tujuan membaca hanya untuk mengisi waktu luang, misalnya membaca novel atau cerpen dalam suatu majalah, kecepatan waktu tidak begitu dibutuhkan. akan tetapi jika membaca untuk studi, selain pemahaman yang baik, diperlukan kecepatan membaca. Membaca yang efisien, yaitu membaca dengan pemahaman yang baik dan cepat. Untuk itu diperlukan pemilihan materi wacana yang sesuai dengan tujuan pembaca.

2.2 Choosing the Right Material

Dalam wacana bahasa Inggris dikenal istilah linear dan non linear texts. Linear text ‘wacana linear’ ialah wacana yang terdiri dari ungkapan gagasan yang berbentuk kalimat-kalimat dalam paragraph, sedangkan unsur-unsur wacana nonlinear ialah:
1.            Reference apparatus, yaitu semua unsur wacana yang berisi informasi tentang title’judul’, index ’indeks’, blurb ‘ komentar pada sampul buku’ dan sebagainya;
2.             Figures, semua informasi yang berupa diagram, tabel, peta, grafik, dan ilustrasi;
3.             Graphic conventions, yaitu layout, kumpulan huruf, angkaangka, simbol, dan lain-lain.
Seorang pembaca yang terampil akan memanfaatkan informasi berbentuk wacana nonlinear seperti  reference apparatus dan figures, karena beberapa materi matakuliah lain, biasanya ada yang berbentuk reference apparatus dan figures. Memahami wacana nonlinear lebih mudah dan efisien serta menghemat waktu. Pembaca dapat menggunakan  reference apparatus untuk mencari materi wacana yang   diperlukan dengan  previewing. Previewing ialah melihat buku sepintas dengan menggunakan reference apparatus, yaitu semua unsur  wacana yang berisi informasi tentang title’judul’, table of contents’daftar isi’, introduction ‘pendahuluan’, index ’indeks’, blurb ‘ komentar pada sampul buku’, untuk memprediksi isi buku tersebut, sehingga Anda mendapatkan materi yang diinginkan. 

2.3 Using the Text Effectively

Jika pembaca sudah mendapatkan  materi yang sesuai, kita harus memanfaatkannya  secara efektif. Efektif dalam arti dapat memanfaatkan materi bacaan secara fleksibel atau flexibility, dapat memanfaatkan semua sumber bacaan atau making use of all the resources dan dapat meningkatkan kecepatan membaca atau improving reading speed.

2.3.1 Flexibility

Salah satu ciri utama seorang pembaca yang baik adalah flexibility untuk mendapatkan pemahaman yang memadai atau adequate understanding. Membaca secara fleksible berarti selalu mencari bagian mana dari wacana yang penting diingat untuk mendapatkan intisari atau gagasan wacana. Teknik yang kita perlukan ialah scanning dan skimming. Penggunaan skill berupa skimming dan scanning  bermanfaat untuk memilih wacana yang sesuai dengan tujuan membaca, dan untuk mempersingkat waktu pemilihan materi Scanning ’membaca selintas’ dan skimming ‘membaca dengan cepat’ diperlukan untuk mencari  main idea dan supporting details. Dengan skimming kita membaca dengan cepat untuk menentukan intisarinya, misalnya, untuk memutuskan apakah suatu wacana yang kita baca ada relevansinya dengan penelitian atau tugas  yang akan kita lakukan. Kedua skills tersebut diperlukan untuk mendapatkan pemahaman yang memadai atau adequate understanding. Dengan adequate understanding, pembaca dapat dengan mudah dan cepat mendapatkan data mana yang diperlukan dan mengabaikan mana yang tidak diperlukan.

2.3.1.1 Practising scanning

Dengan scanning, kita membaca selintas untuk mencari informasi tertentu, apakah wacana yang kita baca cocok atau sesuai dengan data yang kita inginkan. Latihan scanning dapat diberikan seorang pengajar kepada siswa/mahasiswa secara lisan baik perseorangan maupun dalam kelompok dan dikerjakan dengan cepat, misalnya, dalam wacana tentang tumpahnya minyak di lautan, dapat diberikan pertanyaan- pertanyaan berikut :

1.             Look at paragraph 2 and find out when  did the Exxon Valdez ship was traveling along the coast of Africa.
2.             How many gallons of petroleum poured  out into the sea?
3.             On which paragraph is the damage mentioned?
4.             Locate the page and column where various headlines can be found .
5.             What tour agent offers holidays in Japan?
6.             Where can you get a holiday for  $ 1000?

2.3.1.2 Practising skimming

Skimming membutuhkan konsentrasi yang lebih dibanding dengan scanning karena sulit untuk membaca dengan cepat suatu  wacana bersamasama  dengan teman satu kelompok. Kesulitan ini dapat diatasi dengan membagi wacana; masing-masing anggota kelompok membaca paragraf yang berbeda. Latihan dapat juga diberikan dengan suatu wacana dengan beberapa titles, topics figures berupa gambar-gambar atau diagram. Kemudian berikan pertanyaan sebagai berikut, misalnya,
7.             Which title fits the text best?
8.             Which topics are dealt with in the text?
9.             Which figure(s) illustrate the text?

2.3.2 Making Use of All the Resources 

Buku berisi bermacam-macam sumber informasi yang dapat membantu pembaca memahami dan mencari data dari wacana linear maupun nonlinear. Dari wacana non linear kita dan mendapatkan reference apparatus seperti appendixes, notes / footnotes, bibliographical references, list of symbols, list of special terms, glossaries dan lain-lain. Pembaca harus dapat mamanfaatkan semua sumber bacaan tersebut semaksimal mungkin.

2.3.3 Improving Reading Speed 

Memahami bacaan  tidak berarti memahami arti dari setiap kata yang dibaca. Yang perlu diketahui adalah makna kalimat atau dalam bahasa Inggris disebut ‘context’ konteks, ‘main idea’ pokok bahasan dan ‘supporting details’ kalimat-kalimat penunjang. Dalam memahami wacana,  eye movement dan sense groups sangat penting. Seorang pembaca yang baik, akan menggerakkan matanya dari kiri ke kanan dengan cepat dan membaca bukan kata demi kata,  tetapi frasa demi frasa atau kelompok kata atau klausa yang bermakna logika /secara logis artinya tidak asal membaca kelompok kata yang tidak logis; cara membaca seperti ini penting untuk memahami makna wacana dengan benar. Misalnya:
a)             The good old man / raised his hand / in blessing.
b)             The good / old man / raised his / hand in / blessing.
Dengan pengelompokan kata seperti kalimat a) memudahkan pembaca memahami konteks, sebaliknya  pengelompokan kata seperti kalimat b) menyulitkan pembaca memahami konteks karena tidak rasional.
Pada waktu membaca, pembaca tidak terfokus pada satu baris tetapi matanya seperti melompat dari satu kelompok kata ke yang lainnya, yang dalam bahasa Inggris dinamakan fixations. Seorang pembaca yang baik akan melakukan lebih sedikit fixations daripada pembaca yang kurang baik. Faktor lain yang dibutuhkan untuk membaca wacana ialah kecepatan membaca. Kecepatan membaca bukan satu-satunya faktor yang menentukan apakah sese orang membaca secara efisien atau tidak.  Akan tetapi, jika dua orang pembaca memahami wacana sama baiknya, tentu salah satu dari kedua orang tersebut yaitu orang yang membaca lebih cepat dapat dikatakan orang tesebut lebih efisien. Pembaca dapat meningkatkan kecepatan membacanya dengan mencari wacana yang relevan dan mefokuskan dirinya pada wacana tersebut. Untuk melatih kecepatan membaca, kita mulai dengan memilih wacana bahasa Inggris yang mudah dan menarik. Materi dapat diambil dari majalah, koran, atau buku cerita. Untuk pemula, sebaiknya wacana jangan terlalu panjang, misalnya 500 kata per wacana. Kecepatan membaca dapat diukur dengan tabel.
Selanjutnya dapat ditingkatkan dengan membaca wacana yang lebih sulit, misalnya, wacana ilmiah atau novel berbahasa Ingris. Kita dapat mengetahui apakah suatu wacana sulit dipahami dengan mengecek secara acak tiga atau empat halaman dari buku yang  yang kita baca. Jika rata-rata lebih dari lima atau enam kata pada setiap halaman yang sulit dipahami, sebaiknya jangan dilanjutkan. Pemahaman dan kecepatan membaca dapat ditingkatkan dengan banyak berlatih.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

     Eficient reading sangat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman dan kecepatan membaca seseorang, terutama dalam membaca artikel atau wacana ilmiah. Pemahaman dan kecepatan membaca seseorang dapat ditingkatkan dengan membiasakan diri membaca setiap hari. Faktor-faktor yang menunjang efisiensi dalam membaca apat disimpulkan dalam diagram 1 berikut ini: 

3.2 Kritik dan Saran

Menurut kami latihan efficient reading sangat penting bagi pelajar khususnya mahasiswa karena dengan berlatih efficient reading secara tidak langsung dapat melatih kemampuan berbahasa inggris mahasiswa seperti kemampuan membaca cepat bahasa inggris. Jadi, ada baiknya dosen mengadakan pelatihan efficient reading kepada mahasiswa.

Baca Juga: Materi Pendidikan Dasar Kimia Kimia SMA Rumus Kimia
Materi Pendidikan Kimia Dasar Kimia SMA

Artikel Terkait

Makalah Bahasa Inggris,Efficient Reading
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email