Tools-tools pada Microsoft Excel


1.             Menambahkan border dan color
Untuk menambahkan border pada lembar kerja MS Excel dapat menggunakan tools border. Caranya adalah dengan memblok terlebih dahulu cell yang akan diberi border kemudian klik tools border yang terdapat pada menu home dalam MS Excel kemudian pilih jenis border yang diinginkan
Microsoft Excel 2016 juga menyediakan style border yang dapat langsung digunakan. Untuk menggunakannya klik tombol cell styles pada tab home:
2.             Merge Cells & Align Cell Contents
Merge cells berfungsi untuk menggabungkan 2 sel atau lebih menjadi satu serta memindahkan teks pada posisi tengah-tengah sel. Caranya adalah memblok sel yang akan digabungkan lalu klik tools merge & center yang terdapat pada menu home microsoft excel
Untuk mengatur paragraf dapat menggunakan tools alignment.Caranya adalah memblok teks yang akan diatur lalu klik tools alignment dan pilih style alignment yang akan digunakan
3.             Menambahkan Rumus
Dalam microsof excel juga dapat melakukan penjumlahan,pengurangan,perkalian dan lain-lain untuk melakukan semua itu harus melakukan rumus dan berikut adalah operator lambang yang akan digunakan untung penghitungan dalam microsoft excel:


Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel,4.            
Menggunakan Fungsi
yang akan membantu dalam proses perhitungan. kita tinggal memanfaatkan sesuai
dengan kebutuhan. Berikut beberapa fungsi yang sering digunakan:


A.           Fungsi Average
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data(range). Cara penggunaannya adalah  =AVERAGE(number1,number2,…) lalu klik enter
B.            Fungsi Sum
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada suatu range. Cara penggunaannya adalah =SUM(number1,number2,…) lalu klik enter
C.            Fungsi Max
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range). Cara penggunaannya adalah =MAX(number1,number2,…) lalu klik enter
D.           Fungsi Min
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range). Cara penggunaannya adalah =MIN(number1,number2,…) lalu klik enter
E.            Fungsi Logika
Fungsi ini digunakan jika data yang dimasukkan mempunyai kondisi tertentu.
Misalnya, jika nilai sel B1=8, maka hasilnya Lulus, jika tidak, maka hasilnya Tidak Lulus. Biasanya fungsi ini dibantu oleh operator relasi (pembanding) seperti berikut:


Baca Juga Laporan Lainnya:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Kerja Bangku dan Peralatan Kerja Bangku

Hasil Produk Mesin Bubut