Sabtu, 21 Juli 2018

Definisi Mesin Ketam, Prinsip Kerja Mesin Ketam, Klasifikasi Mesin Ketam dan Hasil Produk Mesin Ketam

Definisi Mesin Ketam
Gambar mesin ketam

Mesin ketam adalah suatu mesin perkakas yang memiliki gerakan utama lurus bolak-balik secara horizontal maupun vertikal untuk mengubah bentuk serta ukuran benda kerja agar sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dikehendaki


Fungsi Mesin Ketam

Fungsi mesin ketam adalah untuk meratakan bidang (datar, lurus, miring), Membuat bidang bersudut atau bertingkat, Membuat alur (alur pasak, alur V, alur ekor burung, dan lain-lain), serta mengerjakan bidang-bidang bentuk yang tidak beraturan.

Prinsip Kerja Mesin Ketam
Mesin Ketam mempunyai gerakan dimana benda kerja relatif diam sedangkan mata potongannya bergerak linier sedangkan mesin Ketam (Planer) dimana benda kerja bergerak linier dan mata potongnya relatif diam.

     Benda kerja diletakkan dan dijepit pada meja. Posisi meja dapat juga dinaik-turunkan sepanjang pembimbing melalui poros ulir. Dengan memutar poros ulir yang telah dihubungkan dengan roda gigi maka gerakkan suap dari meja sepanjang pembimbing dapat dilakukan.
    Dimana roda gigi digerakkan oleh tuas pengungkit secara berkala. Gerakkan berkala ini dibuat sedemikian rupa sehingga poros ulir hanya bergerak pada waktu ram melakukan gerak balik membawa dudukan pahat. Gerak putar dari motor listrik diubah menjadi gerak translasi pada ram.

Bagian-bagian Mesin Ketam
1. Meja
     Meja mesin sekrap merupakan tempat untuk memegang atau menjepit benda kerja. Di mana benda kerja tersebut dapat langsung dijepit pada meja dengan menggunakan peralatan penjepit atau benda kerja tersebut dijepit dengan menggunakan ragum yang dipasang di atas meja.
    Meja mesin dapat digerakkan naik-turun secara vertikal maupun digerakkan ke kanan ke kiri secara mendatar.
gambar bagian mesin ketam
2. Lengan
     Lengan mesin sekrap dipasang pada bagian atas rangka mesin. Dalam operasinya lengan ini dapat digerakkan lurus bolak-balik (maju-mundur) pada alur yang terdapat di bagian atas rangka mesin. Lengan digerakkan oleh mekanisme penggerak lengan yang terdapat di bagian dalam rangka mesin yang terdiri dari: batang ayun beralur (slotted link), blok luncur (sliding block) dan roda gigi penggerak (bull gear).
Gambar bagian mesin ketam
3. Rumah Pahat & Plat Rumah Pahat
     Rumah pahat atau pemegang pahat merupakan tempat di mana pahat sekrap dipasang. Salah satu ujung dari rumah pahat ini menempel pada pelat rumah pahat dan pada ujung yang lainnya yang berbentuk tirus terdapat baut penjepit
     Rumah pahat menempel atau bersatu dengan pelat rumah pahat. Di mana pelat rumah pahat (clapper block) ini dipasang di dalam kotak ayun (clapper box) dengan menggunakan engsel
Gambar rumah plat danrumah pahat
4. Kotak Ayun
     Kotak ayun atau rumah ayun merupakan tempat di mana pelat rumah pahat dipasang dengan menggunakan engsel. Sementara itu, kotak ayun ini dipasang pada badan eretan pahat (tool head). Kotak ayun juga dapat diputar atau disetel miring ke kanan atau ke kiri dengan cara mengendorkan baut pengikatnya yang terpasang pada suatu alur tembus.
Gambar kotak ayun
5. Eretan Pahat
     Eretan pahat atau sering disebut support berfungsi untuk mengatur posisi pahat dalam arah vertikal. Di mana pada eretan pahat ini terpasang rumah ayun, pelat rumah pahat dan rumah pahat (tool post). Dengan demikian jika eretan pahat digerakkan naik atau turun maka pahat pun yang terpasang pada rumah pahat akan ikut bergerak naik atau turun pula mengikuti gerakan eretan pahat.
Gambar eretan pahat
6. Tuas Panjang Langkah
     Berfungsi mengatur panjang pendeknya langkah pahat ataulengan sesuai panjang benda yang disekrap. Pengaturan denganmemutar tap kearah kanan atau kiri tuas posisi pahat.
Gambar tuas panjang langkah

Klasifikasi Mesin Ketam
Berdasarkan desainnya mesin ketam dikelompokkan sebagai berikut: 
1. Mesin Ketam Horizontal
    Mesin jenis ini umum dipakai untuk produksi dan pekerjaan serbagunaterdiri atas rangka dasar dan rangka yang mendukung lengan horizontal. Bendakerja didukung pada rel silang sehingga memungkinkan benda kerja untukdigerakkan ke arah menyilang atau vertikal dengan tangan atau penggerak daya.
Gambar mesin ketam horizontal
2. Mesin Ketam Vertikal 
       Mesin ketam vertikal digunakan untuk melaksanakan pembuatan-pembuatan alur pada permukaan silinder dalam, roda gigi, bidang lengkung vertikal dan bentuk-bentuk alur lainnya.
Gambar mesin ketam vertikal
3. Mesin Ketam Meja 
       Mesin ketam meja digunakan utuk proses mengetam/menyekrap benda kerja yang besar dan mempunyai Panjang antara 1m sampai dengan 20m
Gambar mesin ketam meja

Jenis-jenis Gerakan Mesin Ketam
Gambar jenis gerakan mesin ketam
1. Gerakan utama, Merupakan gerakan pahat maju dan mundur. Gerak maju disebut langkah kerja, gerak mundur disebut langkah tidak kerja.
2. Gerakan feeding (langkah pemakanan), gerakan ini menghasilkan ketebalan tatal yang terpotong.
3. Pengaturan dalamnya pemotongan, pengaturan ini menghasilkan kedalaman pemotongan yangeratkaitannya dengan perencanaan waktu pemesinan. 
     Jenis-jenis penyayatan yang bisa dilakukan untuk proses ketam yaitu penyayatan permukaan (facing), alur (slotting) dan tangga (steps).

Langkah Menggunakan Mesin Ketam
Cara penggunaan mesin Ketam meliputi beberapa tahap, mulai dari menjalankan mesin hingga, melakukan penyekrapan dengan jenis pahat yang digunakan. Berikut langkah menggunakan mesin ketam
Lengan digerakkan dengan cara memutar roda pemeriksa untuk melihatkemungkinan tertabraknya
lengan.
Menentukan banyak langkah per menit.
Motor mesin dihidupkan. Dengan cara memasukkan tuas kopling mesinmulai bekerja.
Mencoba langkah pemakanan (feeding) dari meja, mulaidari langkah halus sampai langkah kasar.
Perhatikan seluruh gerak mesin.
Menghentikan kerja mesin dilakukan dengan cara melepas tuas kopling
kemudian matikan motor.

Macam-macam Penyekrapan
1. Penyekrapan Datar
      Penyekrapan bidang rata adalah penyekrapan benda kerja agarmenghasilkan permukaan yang rata. Penyekrapan bidang rata dapat dilakukandengan cara mendatar (horizontal) dan cara tegak (vertikal).
2. Penyekrapan Tegak
      Pengaturan ketebalan dilakukan dengan menggeser meja. Pahat harusdiatur sedemikian rupa (menyudut) sehingga hanya bagian ujung saja yangmenyayat dan bagian sisi dalam keadaan bebas.
3. Penyekrapan Menyudut
    Penyekrapan bidang menyudut adalah penyekrapan benda kerja agarmenghasilkan permukaan yang miring/sudut. Pada penyekrapan ini yangbergerak adalah eretan pahat maju mundur.
4. Penyekrapan Alur
    Menurut alur penyekrapan, mesin ketam dapat digunakan untuk membuat alur yaitu: Alur terus luar, Alur terus buntu, Alur terus dalam  dan Alur terus tembus.

Cara Perawatan Mesin Ketam
Berikut adalah pemaparan cara perawatan mesin ketam listrik
1. Bukalah mesin ketam dari cutter head-nya dengan membuka semua mur dan baut pada pegangan pisau dengan mengendorkan sekrup pisau.
2. Ambil pemegang pisau pengasah dan pasanglah pisau yang akan di asah.
3. Ambil batu gosok dan oli.
4. Gosokkan ke muka dan ke belakang sementara bevel tetap rata dengan batu gosok.
5. Periksa mata pisau, jika sudah tajam bukalah dari pegangannya.
6. Pasang kembali pisau pada cutter head.
7. Setel keluar masuknya pisau dengan mengunakan obeng dan kayu pemeriksa

Hasil Produk Mesin Ketam





Artikel Terkait

Definisi Mesin Ketam, Prinsip Kerja Mesin Ketam, Klasifikasi Mesin Ketam dan Hasil Produk Mesin Ketam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email