Contoh Laporan Praktikum Menggambar Teknik Modul 7

LAPORAN MODUL VII
PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Kelulusan
Mata Kuliah Praktikum Menggambar Teknik


Oleh
Junjun Farizal          1603019
Siti Nurajizah           1603048
Ilham Zuliadin         1603061

Asisten:
Aris Saepuloh          1403007
Sandi Nayoan           1503065
Yogi Gustiawan         1503039 





LABORATORIUM KOMPUTER INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur praktikan panjatkan kehadirat Alloh SWT yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga praktikan dapat menyelesaikan penyusunan laporan Menggambar teknik ini dengan baik dan lancar. Praktikan ucapkan terimakasih kepada asisten dosen yang telah memberi bimbingan kepada praktikan untuk menyelesaikan laporan ini.
Namun disamping itu praktikan menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini, oleh karena itu praktikan mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas laporan praktikum Menggambar Teknik ini dapat lebih baik lagi. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman praktikan, praktikan yakin masih banyak kekurangan dalam laporan ini, Oleh karena itu praktikan sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.




LEMBAR PENGESAHAN

Kami menyatakan bahwa laporan Modul 7 Praktikum Menggambar teknik ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan penuh kesadaran tanpa paksaan Tujuan mendapatkan suatu kebenaran ilmiah dari ilmu pengetahuan serta kami menyatakan bahwa isi laporan mingguan praktikum modul 7 ini merupakan karya asli buatan sendiri.
Setelah melalui masa asistensi bersama asisten dan dosen menyatakan bahwa laporan praktikum modul 7 ini telah diperiksa secara seksama dan dicapai persetujuan. Maka laporan mingguan praktikum modul 7 ini telah memenuhi syarat sebagai komponen kelulusan pada praktikum dan mata kuliah Menggambar teknik pada Jurusan Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Garut.



DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR.. i
LEMBAR PENGESAHAN.. ii
DAFTAR ISI. iii
DAFTAR GAMBAR.. v
DAFTAR TABEL. vi
BAB I PENDAHULUAN.. 1
1.1      Latar Belakang. I-1
1.2      Rumusan Masalah.. I-2
1.3      Tujuan.. I-2
BAB II LANDASAN TEORI PRAKTIKUM... II-1
2.1      Pengertian 3 Dimensi II-1
2.2      Interface Bidang Kerja 3D Autocad.. II-1
2.3      Macam-macam Bentuk 3D Dasar. II-3
2.3.1      Sphere. II-3
2.3.2      Cylinder. II-3
2.3.3      Torus. II-4
2.3.4      Cone. II-5
2.3.5      Box. II-5
2.3.6      Pyramid.. II-6
2.3.7      Wedge. II-7
2.3.8      Helix. II-7
BAB III LANDASAN METODOLOGI. III-1
3.1      Keterkaitan Antar Teori III-1
3.2      Diagram Alur praktikum... III-2
3.3      Langkah-langkah Praktikum... III-3
BAB IV Pengumpulan,Pengolahan,Pembahasan Data. IV-1
4.1      Pengumpulan Data. IV-1
4.1.1      Membuat Sphere. IV-1
4.1.2      Membuat Cylinder. IV-2
4.1.3      Membuat Torus. IV-3
4.1.4      Membuat Cone. IV-3
4.1.5      Membuat Box. IV-4
4.1.6      Membuat Pyramid.. IV-5
4.1.7      Membuat Wedge. IV-5
4.1.8      Membuat Helix. IV-6
4.2      Pengolahan Data. IV-7
4.2.1      Studi Kasus Gambar 1.. IV-7
4.2.2      Studi Kasus Gambar 2.. IV-9
4.2.3      Studi Kasus Gambar 3.. IV-11
4.2.4      Studi Kasus Gambar 4.. IV-12
4.2.5      Studi Kasus Gambar 5.. IV-13
4.3      Pembahasan Data. IV-15
4.3.1      Pembahasan Gambar 1.. IV-15
4.3.2      Pembahasan Gambar 2.. IV-16
4.3.3      Pembahasan Gambar 3.. IV-17
4.3.4      Pembahasan Gambar 4.. IV-18
4.3.5      Pembahasan Gambar 5.. IV-19
BAB V PENUTUP.. V-1
5.1      Kesimpulan.. V-1
5.2      Saran.. V-1
DAFTAR PUSTAKA.. vii
LAMPIRAN.. viii











DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 2.1 Jendela awal autocad. II-1
Gambar 2.2 Mengganti bidang kerja. II-1
Gambar 2.3 Bidang kerja 3D modeling. II-2
Gambar 2.4 SW isometric. II-2
Gambar 2.5 Bentuk sphere. II-3
Gambar 2.6 Bentuk Cylinder. II-4
Gambar 2.7 Bentuk torus. II-4
Gambar 2.8 Beuntuk Cone. II-5
Gambar 2.9 Bentuk box. II-6
Gambar 2.10 Bentuk pyramid. II-6
Gambar 2.11 Bentuk wedge. II-7
Gambar 2.12 Bentuk Helix. II-8
Gambar 3.1 Diagram alur praktikum... III-2
Gambar 4.1 Studi kasus gambar 1. IV-15
Gambar 4.2 Studi kasus gambar 2. IV-16
Gambar 4.3 Studi kasus gambar 3. IV-17
Gambar 4.4 Studi kasus gambar 4. IV-18
Gambar 4.5 Studi kasus gambar 5. IV-19








DAFTAR TABEL

Halaman
Tabel 4.1 Langkah membuat sphere. IV-1
Tabel 4.2 Langkah membuat cylinder. IV-2
Tabel 4.3 Langkah membuat torus. IV-3
Tabel 4.4 Langkah membuat cone. IV-3
Tabel 4.5 Langkah membuat box. IV-4
Tabel 4.6 Langkah membuat pyramid. IV-5
Tabel 4.7 Langkah membuat wedge. IV-5
Tabel 4.8 Langkah membuat helix. IV-6
Tabel 4.9 Langkah membuat gambar 1. IV-7
Tabel 4.10 Langkah membuat gambar 2. IV-9
Tabel 4.11 Langkah membuat gambar 3. IV-11
Tabel 4.12 Langkah membuat gambar 4. IV-12
Tabel 4.13 Langkah membuat gambar 5. IV-13















BAB I
PENDAHULUAN

Pada bab I ini memaparkan latar belakang,rumusan masalah, dan tujuan praktikum

1.1    Latar Belakang

AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembangkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai dengan versi yang sekarang.
Dengan belajar AutoCAD akan mempermudah kita dalam pembuatan atau mendesain sebuah objek secara praktis,lebih rapi,dan indah juga dapat melihat dalam pandangan 3 dimensi sekaligus. Belajar AutoCAD akan bermanfaat di dunia kerja kelak karena perusahaan akan banyak menggunakan software-software gambar teknik seperti AutoCAD. Adanya praktikum gambar teknik akan mempermudah kita khususnya mahasiswa teknik industri dalam mengenal AutoCAD serta mempraktikan teori-teori secara langsung. Setelah mengetahui tentang pengertian Menu bar modify serta tools-tools yang terdapat pada menu bar modify mulai dari pengertian, fungsi sampai cara penggunaan tools-tools­ tersebut yang sudah dilakukan pada praktikum sebelumnya pada laporan ini akan membahas pengenalan 3 dimensi pada autocad mulai dari bidang kerja,toolbar 3D dasar dan cara membuat bentuk 3D pada bidang kerja. Manfaat belajar membuat gambar 3D pada autocad adalah ketika  pada suatu pembuatan barang atau mesin contohnya sebelum barang tersebut diproduksi harus terlebih dahulu jelas detailnya dalam gambar supaya ketika barang tesebut sudah jadi diproduksi tidak terjadi salah ukuran atau human error.

1.2      Rumusan Masalah

Berikut adalah pemaparan rumusan masalah:
1.             Tools apa saja yang terdapat toolbar 3D?
2.             Bagaimana cara membuat bentuk 3D pada bidang kerja?

1.3       Tujuan

Berikut adalah pemaparan tujuan praktikum:
1.             Mampu mengenal toolbar 3D dasar
2.             Mampu membuat bentuk 3D pada bidang kerja

Untuk melihat laporan lebih lengkapnya silahkan Klik Disini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Kerja Bangku dan Peralatan Kerja Bangku

Hasil Produk Mesin Bubut