Contoh Laporan Praktikum Menggambar Teknik Modul 7
LAPORAN MODUL VII
PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Kelulusan
Mata
Kuliah Praktikum Menggambar Teknik
Oleh
Junjun Farizal 1603019
Siti Nurajizah 1603048
Ilham Zuliadin 1603061
Asisten:
Aris Saepuloh 1403007
Sandi Nayoan 1503065
Yogi
Gustiawan 1503039

LABORATORIUM
KOMPUTER INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur praktikan panjatkan kehadirat
Alloh SWT yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga
praktikan dapat menyelesaikan penyusunan laporan Menggambar teknik ini dengan
baik dan lancar. Praktikan ucapkan
terimakasih kepada asisten dosen yang telah memberi bimbingan kepada praktikan
untuk menyelesaikan laporan ini.
Namun disamping itu praktikan menyadari masih banyak
kekurangan dalam penulisan laporan ini, oleh
karena itu praktikan mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas
laporan praktikum Menggambar Teknik ini dapat lebih baik lagi. Karena keterbatasan pengetahuan maupun
pengalaman praktikan, praktikan yakin masih banyak kekurangan dalam laporan
ini, Oleh karena itu praktikan sangat mengharapkan saran dan kritik yang
membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.
Kami menyatakan bahwa laporan Modul 7
Praktikum Menggambar teknik ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan penuh
kesadaran tanpa paksaan Tujuan
mendapatkan suatu kebenaran ilmiah dari ilmu pengetahuan serta kami menyatakan
bahwa isi laporan mingguan praktikum modul 7 ini merupakan karya asli buatan
sendiri.
Setelah melalui masa asistensi bersama
asisten dan dosen menyatakan bahwa laporan praktikum modul 7 ini telah
diperiksa secara seksama dan dicapai persetujuan. Maka
laporan mingguan praktikum modul 7 ini telah memenuhi syarat sebagai komponen
kelulusan pada praktikum dan mata kuliah Menggambar teknik pada Jurusan Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
DAFTAR
ISI
Halaman
KATA PENGANTAR
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
BAB II LANDASAN TEORI PRAKTIKUM
2.1 Pengertian 3 Dimensi
2.2 Interface Bidang Kerja
3D Autocad
2.3 Macam-macam Bentuk 3D
Dasar
2.3.1 Sphere
2.3.2 Cylinder
2.3.3 Torus
2.3.4 Cone
2.3.5 Box
2.3.6 Pyramid
2.3.7 Wedge
2.3.8 Helix
BAB III LANDASAN METODOLOGI
3.1 Keterkaitan Antar Teori
3.2 Diagram Alur praktikum
3.3 Langkah-langkah
Praktikum
BAB IV
Pengumpulan,Pengolahan,Pembahasan Data
4.1 Pengumpulan Data
4.1.1 Membuat Sphere
4.1.2 Membuat Cylinder
4.1.3 Membuat Torus
4.1.4 Membuat Cone
4.1.5 Membuat Box
4.1.6 Membuat Pyramid
4.1.7 Membuat Wedge
4.1.8 Membuat Helix
4.2 Pengolahan Data
4.2.1 Studi Kasus Gambar 1
4.2.2 Studi Kasus Gambar 2
4.2.3 Studi Kasus Gambar 3
4.2.4 Studi Kasus Gambar 4
4.2.5 Studi Kasus Gambar 5
4.3 Pembahasan Data
4.3.1 Pembahasan Gambar 1
4.3.2 Pembahasan Gambar 2
4.3.3 Pembahasan Gambar 3
4.3.4 Pembahasan Gambar 4
4.3.5 Pembahasan Gambar 5
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR
GAMBAR
Halaman
Gambar
2.1 Jendela awal autocad
Gambar
2.2 Mengganti bidang kerja
Gambar
2.3 Bidang kerja 3D modeling
Gambar
2.4 SW isometric
Gambar
2.5 Bentuk sphere
Gambar
2.6 Bentuk Cylinder
Gambar
2.7 Bentuk torus
Gambar
2.8 Beuntuk Cone
Gambar
2.9 Bentuk box
Gambar
2.10 Bentuk pyramid
Gambar
2.11 Bentuk wedge
Gambar
2.12 Bentuk Helix
Gambar
3.1 Diagram alur praktikum
Gambar
4.1 Studi kasus gambar 1
Gambar
4.2 Studi kasus gambar 2
Gambar
4.3 Studi kasus gambar 3
Gambar
4.4 Studi kasus gambar 4
DAFTAR
TABEL
Halaman
Tabel 4.1 Langkah membuat sphere
Tabel 4.2 Langkah membuat cylinder
Tabel 4.3 Langkah membuat torus
Tabel 4.4 Langkah membuat cone
Tabel 4.5 Langkah membuat box
Tabel 4.6 Langkah membuat pyramid
Tabel 4.7 Langkah membuat wedge
Tabel 4.8 Langkah membuat helix
Tabel 4.9 Langkah membuat gambar 1
Tabel 4.10 Langkah membuat gambar 2
Tabel 4.11 Langkah membuat gambar 3
Tabel 4.12 Langkah membuat gambar 4
BAB I
PENDAHULUAN
Pada bab I ini
memaparkan latar belakang,rumusan masalah, dan tujuan praktikum
1.1 Latar Belakang
AutoCAD
adalah sebuah perangkat lunak CAD
yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3
dimensi. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di
dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembangkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi
mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai
dengan versi yang sekarang.
Dengan belajar AutoCAD
akan mempermudah kita dalam pembuatan atau mendesain sebuah objek secara
praktis,lebih rapi,dan indah juga dapat melihat dalam pandangan 3 dimensi
sekaligus. Belajar AutoCAD akan
bermanfaat di dunia kerja kelak karena perusahaan akan banyak menggunakan
software-software gambar teknik seperti AutoCAD.
Adanya praktikum gambar teknik akan mempermudah kita khususnya mahasiswa teknik
industri dalam mengenal AutoCAD serta
mempraktikan teori-teori secara langsung. Setelah mengetahui tentang pengertian
Menu bar modify serta tools-tools yang terdapat pada menu bar modify mulai dari pengertian, fungsi
sampai cara penggunaan tools-tools
tersebut yang sudah dilakukan pada praktikum sebelumnya pada laporan ini akan
membahas pengenalan 3 dimensi pada autocad
mulai dari bidang kerja,toolbar 3D
dasar dan cara membuat bentuk 3D pada bidang kerja. Manfaat belajar membuat
gambar 3D pada autocad adalah
ketika pada suatu pembuatan barang atau
mesin contohnya sebelum barang tersebut diproduksi harus terlebih dahulu jelas
detailnya dalam gambar supaya ketika barang tesebut sudah jadi diproduksi tidak
terjadi salah ukuran atau human error.
1.2 Rumusan Masalah
Berikut adalah
pemaparan rumusan masalah:
1.
Tools apa saja yang
terdapat toolbar 3D?
2.
Bagaimana cara membuat bentuk 3D pada bidang kerja?
1.3 Tujuan
Berikut adalah pemaparan tujuan praktikum:
1.
Mampu mengenal toolbar
3D dasar
2.
Mampu membuat bentuk 3D pada bidang kerja
Untuk melihat laporan lebih lengkapnya silahkan Klik Disini!
Untuk melihat laporan lebih lengkapnya silahkan Klik Disini!
Komentar
Posting Komentar