Contoh Risalah Akhir Praktikum Menggambar Teknik
RISALAH AKHIR
PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Kelulusan
Mata
Kuliah Praktikum Menggambar Teknik
Oleh
Junjun Farizal 1603019
Siti Nurajizah 1603048
Ilham Zuliadin 1603061
Asisten:
Aris Saepuloh 1403007
Ridwan Jauhari 1503051
Sandi Nayoan 1503065
Yogi Gustiawan 1503039
Yusuf Maulana 1503052
Dosen Pengampu
Encep Jianul Hayat, ST

LABORATORIUM KOMPUTER INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur praktikan panjatkan kehadirat
Alloh SWT yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga
praktikan dapat menyelesaikan penyusunan laporan Bahasa program komputer ini dengan baik dan lancar. Praktikan ucapkan terimakasih kepada asisten
dosen yang telah memberi bimbingan kepada praktikan untuk menyelesaikan laporan
ini.
Namun disamping itu praktikan menyadari masih banyak
kekurangan dalam penulisan laporan ini, oleh
karena itu praktikan mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas
laporan praktikum Bahasa program komputer ini dapat
lebih baik lagi. Karena
keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman praktikan, praktikan yakin masih
banyak kekurangan dalam laporan ini, Oleh karena itu praktikan sangat
mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.
Garut, Mei 2017
Praktikan
|
LEMBAR PENGESAHAN
Kami
menyatakan bahwa Risalah Akhir
Menggambar teknik ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan penuh kesadaran
tanpa paksaan Tujuan
mendapatkan suatu kebenaran ilmiah dari ilmu pengetahuan serta kami menyatakan
bahwa isi Risalah Akhir ini
merupakan karya asli buatan sendiri.
Setelah
melalui masa asistensi bersama asisten dosen dan menyatakan bahwa Risalah Akhir ini telah diperiksa secara seksama dan
dicapai persetujuan. Maka risalah akhir telah memenuhi syarat sebagai komponen
kelulusan pada mata kuliah Praktikum
Menggambar
teknik pada Jurusan Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi
Garut.
Praktikan
I
Junjun Farizal
NPM:
1603019
|
Praktikan
II
Siti Nurajizah
NPM:
1603048
Menyetujui,
|
Praktikan
III
Ilham Zuliadin
NPM:
1603061
|
|
Asisten
I,
Aris Saepuloh
NPM:
1403007
|
Asisten
II,
Ridwan Jauhari
NPM: 1503051
|
|
|
Asisten IV
Yogi Gustiawan
NPM: 1503039
|
|
Asisten V
Yusuf Maulana
NPM: 1503052
|
|
Mengetahui,
|
|||
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Menggambar Teknik
Encep Jianul Hayat, ST
|
NIDN:
9904201634
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR
LEMBAR PENGESAHAN
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
BAB II LANDASAN TEORI PRAKTIKUM
2.1 Pengertian Menggambar Teknik
2.2 Pengertian AutoCAD
2.3 Interface AutoCAD
2.4 Menu bar & Tools bar AutoCAD
2.5 Pengertian Layer
2.6 Cara Membuat dan Menggunakan Layer
2.7 Merancang Dimensi
2.8 Memberi Ukuran Gambar
2.9 Menu Bar Modify
2.10 Pengertian 3 Dimensi
2.11 Interface Bidang Kerja 3D Autocad
2.12 Macam-macam Bentuk 3D Dasar
2.13 Tools-tools Modify 3D
2.14 Pengertian Material
2.15 Fungsi Material
BAB III LANDASAN METODOLOGI
3.1 Keterkaitan Antar Teori
3.2 Diagram Alur Praktikum
3.4 Langkah Praktikum
BAB IV PENGUMPULAN, PENGOLAHAN,
PEMBAHASAN DATA
4.1 Pengumpulan Data
4.1.1 Latihan membuat sebuah persegi dengan tools line
4.1.2 Latihan Membuat Polygon
4.1.3 Latihan Membuat Lingkaran
4.1.4 Latihan Membuat Rectangle
4.1.5 Membuat Gambar Serta Ukuran
4.1.6 Membuat Lingkaran Serta Ukuran
4.1.7 Membuat Gambar Serta Ukuran Sudut
4.1.8 Cara Menggunakan Tools
Erase
4.1.9 Cara Menggunakan Tools
Copy
4.1.10 Cara Menggunakan Tools
Mirror
4.1.11 Cara Menggunakan Tools
Offset
4.1.12 Cara Menggunakan Tools
Array
4.1.13 Cara Menggunakan Tools
Move
4.1.14 Cara Menggunakan Tools
Rotate
4.1.15 Cara Menggunakan Tools
Scale
4.1.16 Cara Menggunakan Tools
Lengthen
4.1.17 Cara Menggunakan Tools
Trim
4.1.18 Cara Menggunakan Tools
Break
4.1.19 Cara Menggunakan Tools
Join
4.1.20 Cara Menggunakan Tools
Fillet
4.1.21 Cara Menggunakan Tools
Chamfer
4.1.22 Membuat Sphere
4.1.23 Membuat Cylinder
4.1.24 Membuat Torus
4.1.25 Membuat Cone
4.1.26 Membuat Box
4.1.27 Membuat Pyramid
4.1.28 Membuat Wedge
4.1.29 Membuat Helix
4.1.30 Cara Menggunakan Tools Extrude
4.1.31 Cara Menggunakan Tools Filletedge
4.1.32 Cara Menggunakan Tools Chamferedge
4.1.33 Cara Menggunakan Tools Presspull
4.1.34 Cara Menggunakan Tools Sweep
4.1.35 Cara Menggunakan Tools Union
4.1.36 Cara Menggunakan Tools Substract
4.1.37 Cara Menggunakan Material
Pada AutoCad
4.2 Pengolahan Data
4.2.1 Langkah Membuat Palu
4.3 Pembahasan Data
BAB V PENUTUP
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 2.1
interface AutoCAD
Gambar 2.2
Membuat layer baru
Gambar 2.3 Cara
membuat layer
Gambar 2.4 Cara
menggunakan layer
Gambar 2.5 Cara
menggunakan layer
Gambar 2.6
Menetapkan style dimension
Gambar 2.7
Menetapkan Lines
Gambar 2.8
Menetapkan Symbol and Arraws
Gambar 2.9
Menetapkan text
Gambar 2.10
Menetapkan fit
Gambar 2.11
Ukuran gambar linier
Gambar 2.12
Ukuran gambar aligned
Gambar 2.13
Ukuran gambar radius
Gambar 2.14
Ukuran gambar diameter
Gambar 2.15
Ukuran gambar angular
Gambar 2.16 Menu
bar modify
Gambar 2.17
Jendela awal autocad
Gambar 2.18
Mengganti bidang kerja
Gambar 2.19
Bidang kerja 3D modeling
Gambar 2.20 SW
isometric
Gambar 2.21
Bentuk sphere
Gambar 2.22
Bentuk Cylinder
Gambar 2.23
Bentuk torus
Gambar 2.24
Beuntuk Cone
Gambar 2.25
Bentuk box
Gambar 2.26
Bentuk pyramid
Gambar 2.27
Bentuk wedge
Gambar 2.28
Bentuk Helix
Gambar 3.1
Diagram alur praktikum
Gambar 4.1 Palu
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel
2.1 penjelasan menu-menu pada menu bar
Tabel
2.2 penjelasan toolsbar pada AutoCAD
Tabel 2.3 Tools pada menubar
modify
Tabel
2.4 Penjelasan tools-tools modify 3D
Tabel
4.1 latihan membuat sebuah persegi
Tabel
4.2 latihan membuat polygon
Tabel
4.3 latihan membuat lingkaran
Tabel
4.4 latihan membuat rectangle
Tabel
4.5 Membuat gambar serta ukuran
Tabel
4.6 Membuat lingkaran serta ukuran
Tabel
4.7 Membuat gambar serta ukuran sudut
Tabel 4.8 Cara menggunakan tools
erase
Tabel 4.9 Cara menggunakan tools
copy
Tabel 4.10 Cara menggunakan tools
mirror
Tabel 4.11 Cara menggunakan tools
offset
Tabel 4.12 Cara menggunakan tools
rectangular array
Tabel 4.13 Cara menggunakan tools
pollar array
Tabel 4.14 Cara menggunakan tools
move
Tabel 4.15 Cara menggunakan tools
rotate
Tabel 4.16 Cara menggunakan tools
scale
Tabel 4.16 Cara menggunakan tools
lengthen
Tabel 4.11 Cara menggunakan tools
trim
Tabel 4.19 Cara menggunakan tools
break
Tabel 4.20 Cara menggunakan tools
join
Tabel 4.21 Cara menggunakan tools
fillet
Tabel 4.22 Cara menggunakan tools
chamfer
Tabel 4.23 Langkah membuat sphere
Tabel
4.24 Langkah membuat cylinder
Tabel
4.25 Langkah membuat torus
Tabel
4.26 Langkah membuat cone
Tabel
4.27 Langkah membuat box
Tabel
4.28 Langkah membuat pyramid
Tabel
4.29 Langkah membuat wedge
Tabel
4.30 Langkah membuat helix
Tabel
4.31 Langkah Menggunakan Tools Extrude
Tabel
4.32 Langkah Menggunakan Tools Filletedge
Tabel
4.33 Langkah Menggunakan Tools Chamferedge
Tabel
4.34 Langkah Menggunakan Tools Presspull
Tabel
4.35 Langkah Menggunakan Tools Sweep
Tabel
4.36 Langkah Menggunakan Tools Union
Tabel
4.37 Langkah Menggunakan Tools Substract
Tabel 4.38 Cara menggunakan
material pada autocad
BAB I
PENDAHULUAN
Pada bab I ini memaparkan latar belakang,rumusan masalah,
dan tujuan praktikum
1.1
Latar Belakang
Gambar teknik
adalah cara atau metode penggambaran untuk menyampaikan informasi dalam proses
produksi,kerja mesin,,kerja manusia sampai produk akhir. Salah
satu software program aplikasi
komputer untuk menggambar adalah AutoCAD.
AutoCAD
adalah sebuah perangkat lunak CAD
yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3
dimensi. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di
dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembangkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi
mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai
dengan versi yang sekarang.
Dengan belajar AutoCAD akan mempermudah kita dalam
pembuatan atau mendesain sebuah objek secara praktis,lebih rapi,dan indah juga
dapat melihat dalam pandangan 3 dimensi sekaligus. Belajar AutoCAD akan bermanfaat di dunia kerja kelak karena perusahaan akan
banyak menggunakan software-software
gambar teknik seperti AutoCAD. Adanya
praktikum gambar teknik akan mempermudah kita khususnya mahasiswa teknik
industri dalam mengenal AutoCAD serta
mempraktikan teori-teorinya secara langsung. Manfaat belajar membuat gambar 3D
pada autocad adalah ketika pada suatu pembuatan barang atau mesin
contohnya sebelum barang tersebut diproduksi harus terlebih dahulu jelas
detailnya dalam gambar supaya ketika barang tesebut sudah jadi diproduksi tidak
terjadi salah ukuran atau human error.
Setelah
melalui beberapa praktikum yang membahas tentang autocad, cara membuat garis,persegi,lingkaran cara menggunakan tools-tools modify, mengubah lembar
kerja dari 2D menjadi 3D, cara menggunakan tools-tools
pada lembar kerja 3D seperti filletedge,chamferedge,
extrude dll.
Laporan ini akan membahas keseluruhan yang sudah
dipelajari praktikan dari awal praktikum sampai akhir praktikum yang isinya
mencakup semua teori yang sudah diapaparkan oleh asisten dosen sebagai salah
satu syarat kelulusan mata kuliah praktikum menggambar teknik
1.2 Rumusan Masalah
Berikut adalah pemaparan rumusan masalah:
A.
Apa
saja fungsi-fungsi tools-tools 2D dan
3D pada autocad?
B.
Bagaimana
cara menggunakan tools-tools 2D dan
3D pada autocad?
C.
Bagaimana
cara membuat gambar pada autocad menggunakan
tools-tools 2D dan 3D?
1.3 Tujuan
Berikut adalah pemaparan tujuan praktikum:
A.
Mampu
mengetahui fungsi-fungsi tools-tools 2D
dan 3D pada autocad
B.
Mampu
menggunakan tools-tools 2D dan 3D pada autocad
C. Mampu membuat gambar
pada autocad menggunakan tools-tools 2D dan 3D?
Untuk melihat laporan lebih lengkapnya silahkan Klik Disini!
Komentar
Posting Komentar