Contoh Risalah Akhir Praktikum Menggambar Teknik


RISALAH AKHIR
PRAKTIKUM MENGGAMBAR TEKNIK
Diajukan Untuk Memenuhi Persyaratan Kelulusan
Mata Kuliah Praktikum Menggambar Teknik

Oleh
Junjun Farizal          1603019
Siti Nurajizah           1603048
Ilham Zuliadin         1603061

Asisten:
Aris Saepuloh          1403007
Ridwan Jauhari       1503051
Sandi Nayoan           1503065
Yogi Gustiawan       1503039
Yusuf Maulana        1503052

Dosen Pengampu
Encep Jianul Hayat, ST





LABORATORIUM KOMPUTER INDUSTRI
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017

KATA PENGANTAR

Puji syukur praktikan panjatkan kehadirat Alloh SWT yang maha kuasa atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga praktikan dapat menyelesaikan penyusunan laporan Bahasa program komputer ini dengan baik dan lancar. Praktikan ucapkan terimakasih kepada asisten dosen yang telah memberi bimbingan kepada praktikan untuk menyelesaikan laporan ini.
Namun disamping itu praktikan menyadari masih banyak kekurangan dalam penulisan laporan ini, oleh karena itu praktikan mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas laporan praktikum Bahasa program komputer ini dapat lebih baik lagi. Karena keterbatasan pengetahuan maupun pengalaman praktikan, praktikan yakin masih banyak kekurangan dalam laporan ini, Oleh karena itu praktikan sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan laporan ini.





Garut, Mei 2017




                                                                                                                   Praktikan

 

LEMBAR PENGESAHAN

Kami menyatakan bahwa Risalah Akhir Menggambar teknik ini merupakan tindakan yang dilakukan dengan penuh kesadaran tanpa paksaan Tujuan mendapatkan suatu kebenaran ilmiah dari ilmu pengetahuan serta kami menyatakan bahwa isi Risalah Akhir ini merupakan karya asli buatan sendiri.
Setelah melalui masa asistensi bersama asisten dosen dan menyatakan bahwa Risalah Akhir ini telah diperiksa secara seksama dan dicapai persetujuan. Maka risalah akhir telah memenuhi syarat sebagai komponen kelulusan pada mata kuliah Praktikum Menggambar teknik pada Jurusan Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknologi Garut.
Praktikan I


Junjun Farizal
NPM: 1603019
Praktikan II


Siti Nurajizah
NPM: 1603048
Menyetujui,
Praktikan III


Ilham Zuliadin
NPM: 1603061

Asisten I,


Aris Saepuloh
NPM: 1403007
Asisten II,


Ridwan Jauhari
NPM: 1503051
Asisten III,


Sandi Nayoan
NPM: 1503065
Asisten IV


Yogi Gustiawan
NPM: 1503039


Asisten V


Yusuf Maulana
NPM: 1503052



Mengetahui,
Dosen Pengampu Mata Kuliah
Menggambar Teknik

Encep Jianul Hayat, ST
                                       NIDN: 9904201634


DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR.. i
LEMBAR PENGESAHAN.. ii
DAFTAR ISI. iv
DAFTAR GAMBAR.. vii
DAFTAR TABEL. viii
BAB I PENDAHULUAN.. 1
1.1        Latar Belakang. 1
1.2        Rumusan Masalah. 2
1.3        Tujuan. 2
BAB II LANDASAN TEORI PRAKTIKUM... 1
2.1       Pengertian Menggambar Teknik. 1
2.2       Pengertian AutoCAD.. 1
2.3       Interface AutoCAD.. 2
2.4       Menu bar & Tools bar AutoCAD.. 3
2.5       Pengertian Layer. 5
2.6       Cara Membuat dan Menggunakan Layer. 5
2.7       Merancang Dimensi 7
2.8       Memberi Ukuran Gambar. 9
2.9        Menu Bar Modify. 12
2.10         Pengertian 3 Dimensi 15
2.11         Interface Bidang Kerja 3D Autocad. 15
2.12         Macam-macam Bentuk 3D Dasar. 17
2.13         Tools-tools Modify 3D.. 22
2.14         Pengertian Material 22
2.15         Fungsi Material 23
BAB III LANDASAN METODOLOGI. 1
3.1       Keterkaitan Antar Teori 1
3.2       Diagram Alur Praktikum.. 2
3.4       Langkah Praktikum.. 3
BAB IV PENGUMPULAN, PENGOLAHAN, PEMBAHASAN DATA.. 1
4.1       Pengumpulan Data. 1
4.1.1        Latihan membuat sebuah persegi dengan tools line. 1
4.1.2        Latihan Membuat Polygon. 2
4.1.3        Latihan Membuat Lingkaran. 3
4.1.4        Latihan Membuat Rectangle. 4
4.1.5        Membuat Gambar Serta Ukuran. 4
4.1.6        Membuat Lingkaran Serta Ukuran. 7
4.1.7        Membuat Gambar Serta Ukuran Sudut 7
4.1.8        Cara Menggunakan Tools Erase. 9
4.1.9        Cara Menggunakan Tools Copy. 10
4.1.10     Cara Menggunakan Tools Mirror 11
4.1.11     Cara Menggunakan Tools Offset 12
4.1.12     Cara Menggunakan Tools Array. 12
4.1.13     Cara Menggunakan Tools Move. 14
4.1.14     Cara Menggunakan Tools Rotate. 15
4.1.15     Cara Menggunakan Tools Scale. 17
4.1.16     Cara Menggunakan Tools Lengthen. 18
4.1.17     Cara Menggunakan Tools Trim.. 19
4.1.18     Cara Menggunakan Tools Break. 20
4.1.19     Cara Menggunakan Tools Join. 21
4.1.20     Cara Menggunakan Tools Fillet 22
4.1.21     Cara Menggunakan Tools Chamfer 23
4.1.22     Membuat Sphere. 24
4.1.23          Membuat Cylinder. 25
4.1.24          Membuat Torus. 26
4.1.25          Membuat Cone. 26
4.1.26          Membuat Box. 27
4.1.27          Membuat Pyramid. 28
4.1.28          Membuat Wedge. 28
4.1.29          Membuat Helix. 29
4.1.30          Cara Menggunakan Tools Extrude. 30
4.1.31          Cara Menggunakan Tools Filletedge. 31
4.1.32          Cara Menggunakan Tools Chamferedge. 32
4.1.33          Cara Menggunakan Tools Presspull 34
4.1.34          Cara Menggunakan Tools Sweep. 35
4.1.35          Cara Menggunakan Tools Union. 36
4.1.36          Cara Menggunakan Tools Substract 38
4.1.37     Cara Menggunakan Material Pada AutoCad. 40
4.2       Pengolahan Data. 41
4.2.1        Langkah Membuat Palu. 41
4.3       Pembahasan Data. 47
BAB V PENUTUP.. 1
5.1       Kesimpulan. 1
5.2       Saran. 1
DAFTAR PUSTAKA


DAFTAR GAMBAR

Halaman
Gambar 2.1 interface AutoCAD.. II-2
Gambar 2.2 Membuat layer baru. II-5
Gambar 2.3 Cara membuat layer. II-6
Gambar 2.4 Cara menggunakan layer. II-6
Gambar 2.5 Cara menggunakan layer. II-6
Gambar 2.6 Menetapkan style dimension. II-7
Gambar 2.7 Menetapkan Lines. II-7
Gambar 2.8 Menetapkan Symbol and Arraws. II-8
Gambar 2.9 Menetapkan text. II-8
Gambar 2.10 Menetapkan fit. II-9
Gambar 2.11 Ukuran gambar linier. II-9
Gambar 2.12 Ukuran gambar aligned. II-10
Gambar 2.13 Ukuran gambar radius. II-10
Gambar 2.14 Ukuran gambar diameter. II-11
Gambar 2.15 Ukuran gambar angular. II-11
Gambar 2.16 Menu bar modify. II-11
Gambar 2.17 Jendela awal autocad. II-15
Gambar 2.18 Mengganti bidang kerja. II-15
Gambar 2.19 Bidang kerja 3D modeling. II-16
Gambar 2.20 SW isometric. II-16
Gambar 2.21 Bentuk sphere. II-17
Gambar 2.22 Bentuk Cylinder. II-18
Gambar 2.23 Bentuk torus. II-18
Gambar 2.24 Beuntuk Cone. II-19
Gambar 2.25 Bentuk box. II-20
Gambar 2.26 Bentuk pyramid. II-20
Gambar 2.27 Bentuk wedge. II-21
Gambar 2.28 Bentuk Helix. II-22
Gambar 3.1 Diagram alur praktikum.. III-2
Gambar 4.1 Palu. IV-47


DAFTAR TABEL

Halaman
Tabel 2.1 penjelasan menu-menu pada menu bar. II-3
Tabel 2.2 penjelasan toolsbar pada AutoCAD.. II-4
Tabel 2.3 Tools pada menubar modify. II-12
Tabel 2.4 Penjelasan tools-tools modify 3D.. II-22
Tabel 4.1 latihan membuat sebuah persegi IV-1
Tabel 4.2 latihan membuat polygon. IV-2
Tabel 4.3 latihan membuat lingkaran. IV-3
Tabel 4.4 latihan membuat rectangle. IV-4
Tabel 4.5 Membuat gambar serta ukuran. IV-4
Tabel 4.6 Membuat lingkaran serta ukuran. IV-7
Tabel 4.7 Membuat gambar serta ukuran sudut. IV-7
Tabel 4.8 Cara menggunakan tools erase. IV-9
Tabel 4.9 Cara menggunakan tools copy. IV-10
Tabel 4.10 Cara menggunakan tools mirror. IV-11
Tabel 4.11 Cara menggunakan tools offset IV-12
Tabel 4.12 Cara menggunakan tools rectangular array. IV-12
Tabel 4.13 Cara menggunakan tools pollar array. IV-13
Tabel 4.14 Cara menggunakan tools move. IV-14
Tabel 4.15 Cara menggunakan tools rotate. IV-15
Tabel 4.16 Cara menggunakan tools scale. IV-17
Tabel 4.16 Cara menggunakan tools lengthen. IV-18
Tabel 4.11 Cara menggunakan tools trim.. IV-19
Tabel 4.19 Cara menggunakan tools break. IV-20
Tabel 4.20 Cara menggunakan tools join. IV-21
Tabel 4.21 Cara menggunakan tools fillet IV-22
Tabel 4.22 Cara menggunakan tools chamfer. IV-23
Tabel 4.23 Langkah membuat sphere. IV-24
Tabel 4.24 Langkah membuat cylinder. IV-25
Tabel 4.25 Langkah membuat torus. IV-26
Tabel 4.26 Langkah membuat cone. IV-26
Tabel 4.27 Langkah membuat box. IV-27
Tabel 4.28 Langkah membuat pyramid. IV-28
Tabel 4.29 Langkah membuat wedge. IV-28
Tabel 4.30 Langkah membuat helix. IV-29
Tabel 4.31 Langkah Menggunakan Tools Extrude. IV-30
Tabel 4.32 Langkah Menggunakan Tools Filletedge. IV-31
Tabel 4.33 Langkah Menggunakan Tools Chamferedge. IV-32
Tabel 4.34 Langkah Menggunakan Tools Presspull IV-34
Tabel 4.35 Langkah Menggunakan Tools Sweep. IV-35
Tabel 4.36 Langkah Menggunakan Tools Union. IV-36
Tabel 4.37 Langkah Menggunakan Tools Substract. IV-38
Tabel 4.38 Cara menggunakan material pada autocad. IV-40
Tabel 4.39 Langkah membuat palu. IV-41


BAB I
PENDAHULUAN

Pada bab I ini memaparkan latar belakang,rumusan masalah, dan tujuan praktikum

1.1              Latar Belakang

Gambar teknik adalah cara atau metode penggambaran untuk menyampaikan informasi dalam proses produksi,kerja mesin,,kerja manusia sampai produk akhir. Salah satu software program aplikasi komputer untuk menggambar adalah AutoCAD. AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembangkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai dengan versi yang sekarang.
Dengan belajar AutoCAD akan mempermudah kita dalam pembuatan atau mendesain sebuah objek secara praktis,lebih rapi,dan indah juga dapat melihat dalam pandangan 3 dimensi sekaligus. Belajar AutoCAD akan bermanfaat di dunia kerja kelak karena perusahaan akan banyak menggunakan software-software gambar teknik seperti AutoCAD. Adanya praktikum gambar teknik akan mempermudah kita khususnya mahasiswa teknik industri dalam mengenal AutoCAD serta mempraktikan teori-teorinya secara langsung. Manfaat belajar membuat gambar 3D pada autocad adalah ketika  pada suatu pembuatan barang atau mesin contohnya sebelum barang tersebut diproduksi harus terlebih dahulu jelas detailnya dalam gambar supaya ketika barang tesebut sudah jadi diproduksi tidak terjadi salah ukuran atau human error. Setelah melalui beberapa praktikum yang membahas tentang autocad, cara membuat garis,persegi,lingkaran cara menggunakan tools-tools modify, mengubah lembar kerja dari 2D menjadi 3D, cara menggunakan tools-tools pada lembar kerja 3D seperti filletedge,chamferedge, extrude dll.

Laporan ini akan membahas keseluruhan yang sudah dipelajari praktikan dari awal praktikum sampai akhir praktikum yang isinya mencakup semua teori yang sudah diapaparkan oleh asisten dosen sebagai salah satu syarat kelulusan mata kuliah praktikum menggambar teknik

1.2     Rumusan Masalah

Berikut adalah pemaparan rumusan masalah:
A.           Apa saja fungsi-fungsi tools-tools 2D dan 3D pada autocad?
B.            Bagaimana cara menggunakan tools-tools 2D dan 3D pada autocad?
C.            Bagaimana cara membuat gambar pada autocad menggunakan tools-tools 2D dan 3D?

1.3    Tujuan

Berikut adalah pemaparan tujuan praktikum:
A.           Mampu mengetahui fungsi-fungsi tools-tools 2D dan 3D pada autocad
B.            Mampu menggunakan tools-tools 2D dan 3D pada autocad
C.       Mampu membuat gambar pada autocad menggunakan tools-tools 2D dan 3D?


Untuk melihat laporan lebih lengkapnya silahkan Klik Disini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Kerja Bangku dan Peralatan Kerja Bangku

Hasil Produk Mesin Bubut

Tantangan-tantangan Skill di Industri Masa Depan