Pengertian Produk dan Pengembangan Produk
Produk adalah Benda nyata / jasa yang didesain dan dibuat secara sistematis dan rasional untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan konsumen sasaran.
Tantangan Pengembangan Produk:
nPerubahan-perubahan Lingkungan Usaha: Teknologi, Pesaing, selera Konsumen, regulasi, pemasok, dll.
nAspek
Internal Perusahaan : Iklim lingkungan, tekanan yang tinggi, resistensi terhadap perubahan, dll
Pengertian Produk Baru:
Produk baru (New To Company) dalam artian produk tersebut baru dibuat atau dijual oleh perusahaan tersebut, tapi mungkin perusahaan lain sudah.
Produk baru (New to market or innovative), produk ini benar-benar baru beredar dipasaran
Dilema Pengembangan Produk Baru:
nPengembangan produk baru akan memberikan kemampuan kepada perusahaan mendapatkan lahan baru sehingga perusahaan akan tetap sehat.
nTetapi
pengenalan
produk
baru
ke
pasar akan
sangat
beresiko,
karena
berdasarkan
pengalaman
rata-rata kegagalan
pengenalan
produk
baru
sangat
tinggi,
dan ongkos
untuk
kegagalan
itu
sangat
tinggi.
Alasan Kegagalan dari Pengenalan Produk Baru:
Riset
pemasaran
yang lemah
Masalah
Teknis
Kurangnya
usaha
pemasaran.
Kesalahan
waktu
dalam
peluncuran
Komentar
Posting Komentar