Pengertian Produk dan Pengembangan Produk


Produk adalah Benda nyata / jasa yang didesain dan dibuat secara sistematis dan rasional untuk memenuhi kebutuhan dan memuaskan keinginan konsumen sasaran.
Tantangan Pengembangan Produk:
nPerubahan-perubahan Lingkungan Usaha: Teknologi, Pesaing, selera Konsumen, regulasi, pemasok, dll.
nAspek Internal Perusahaan : Iklim lingkungan, tekanan yang tinggi, resistensi terhadap perubahan, dll
Pengertian Produk Baru:
Produk baru (New To Company) dalam artian produk tersebut baru dibuat atau dijual oleh perusahaan tersebut, tapi mungkin perusahaan lain sudah.

Produk baru (New to market or innovative), produk ini benar-benar baru beredar dipasaran
Dilema Pengembangan Produk Baru:

nPengembangan produk baru akan memberikan kemampuan kepada perusahaan mendapatkan lahan baru sehingga perusahaan akan tetap sehat.
nTetapi pengenalan produk baru ke pasar akan sangat beresiko, karena berdasarkan pengalaman rata-rata kegagalan pengenalan produk baru sangat tinggi, dan ongkos untuk kegagalan itu sangat tinggi.
Alasan Kegagalan dari Pengenalan Produk Baru:

Riset pemasaran yang lemah
Masalah Teknis
Kurangnya usaha pemasaran.
Kesalahan waktu dalam peluncuran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Kerja Bangku dan Peralatan Kerja Bangku

Hasil Produk Mesin Bubut