Artikel Permintaan dan Penawaran, Pengertian Permintaan, Fungsi Penawaran
MATERI PENGANTAR ILMU EKONOMI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Pengantar Ilmu Ekonomi
Oleh
Ilham Zuliadin
1603061
Dosen Pengampu
Ir Erwin Gunadhi, MT
JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017
Permintaan dan Penawaran
Pengertian Permintaan
Permintaan ialah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh: uki hayato berniat untuk membeli suatu barang yang sesuai dengan harga yang diinginkan di suatu pasar. Hal ini berarti Uki Hayato melakukan proses permintaan kepada seorang penjual.
Hukum Permintaan
Semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin banyak barang tersebut yang diminta, dan sebaliknya. Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, akan semakin sedikit permintaan barang tersebut (cateris paribus).
Hukum permintaan diatas dapat diartikan dengan prmintaan konsumen akan suatu barang akan tinggi bila harga yang yang diberikan oleh penjual lebih rendah,dan sebaliknya permintaan konsumen akan suatu barang akan rendah apabila harga yang ditawarkan tinggi.
Hukum permintaan diatas dapat diartikan dengan prmintaan konsumen akan suatu barang akan tinggi bila harga yang yang diberikan oleh penjual lebih rendah,dan sebaliknya permintaan konsumen akan suatu barang akan rendah apabila harga yang ditawarkan tinggi.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
1. Perilaku Konsumen
Contoh: Saat ini permintaan konsumen akan motor Kawasaki ninja sangat tinggi karena dianggap motor tersebut sesuai dengan trend masa kini .Tetapi beberapa tahun yang akan datang mungkin motor Kawasaki ninja dianggap sudah kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang jenis pengganti dan pelengkap
Contoh: Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan/Penghasilan Konsumen
Contoh: Seseorang yang memiliki gaji/pendapatan lebih tinggi,ia dapat membeli lebih banyak barang sesuai dengan kebutuhannya.begitupun sebaliknya.
4. Perkiraan harga di masa depan
Contoh: Bensin yang diperkirakan harganya akan naik akibat berkurangnya subsidi dari pemerintah,maka permintaan pembeli akan smakin tinggi
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Contoh: Pada bulan Ramadhan permintaan akan buah kurma akan lebih tinggi dibanding dengan bulan-bulan lainnya
Baca Juga: Artikel Inflasi dan Deflasi, Jenis-jenis Inflasi, Penyebab Inflasi, Teori-teori Inflasi, Upaya Menekan Inflasi, Pengertian Deflasi,Penyebab Deflasi, Pengaruh Deflasi
Baca Juga: Artikel Inflasi dan Deflasi, Jenis-jenis Inflasi, Penyebab Inflasi, Teori-teori Inflasi, Upaya Menekan Inflasi, Pengertian Deflasi,Penyebab Deflasi, Pengaruh Deflasi
Kurva Permintaan
Kurva permintaan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh parapembeli.Kurva permintaan dibuat berdasarkan data riel di masyarakat tentang jumlah permintan dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
Perhatikan daftar permintaan Uki akan jeruk yang dibelinya pada tabel berikut ini.
Perhatikan daftar permintaan Uki akan jeruk yang dibelinya pada tabel berikut ini.
Titik | Harga Jeruk | Jumlah Barang yang Diminta |
A | Rp. 4.500.000 | 140 kg |
B | Rp. 4.750.000 | 120 kg |
C | Rp. 5.000.000 | 100 kg |
D | Rp. 5.250.000 | 80 kg |
E | Rp. 5.500.000 | 60 kg |
F | Rp. 5.750.000 | 40 kg |
G | Rp. 6.000.000 | 20 kg |
Berdasarkan tabel diatas makin dapat dibuat grafik seperti dibawah ini.
Bentuk kurva permintaan diatas memiliki kemiringan(slope) ngatif atau bergerak dari kiri atas ke kanan bawah,yang artinya apabila harga jeruk turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.dan sebaliknya(sesuai dengan hokum permintaan Cateris paribus).
Dalam menganalisis permintaan terdapat dua istilah berbeda yaitu permintaan dan jumlah barang yang tersedia diminta.
Pergeseran Kurva Permintaan
Pada contoh kasus diatas ditunjukkan bahwa berubahnya jumlah jeruk yang diminta Uki akibat dari perubahan harga jeruk itu sendiri.Bagaimana dengan factor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat permintaan.Perhatikan table di bawah ini.
Harga Jeruk (Rp/kg) | Jumlah Jeruk yang Diminta | ||
Pendapatan Awal (kg) | Pendapatan meningkat (kg) | Pendapatan Menurun (kg) | |
4.500 | 140 | 155 | 130 |
4.750 | 120 | 135 | 110 |
5000 | 100 | 115 | 90 |
5.250 | 80 | 95 | 70 |
5.500 | 60 | 75 | 50 |
5.750 | 40 | 55 | 30 |
6.000 | 20 | 35 | 10 |
Fungsi Permintaan
Fungsi Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan factor-faktor yang mempengaruhinya.
Berdasarka factor-faktor yang mempengaruhi permintaan,maka dapat disusun fungsi permintaan umum sebagai brikut:
Berdasarka factor-faktor yang mempengaruhi permintaan,maka dapat disusun fungsi permintaan umum sebagai brikut:
Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D)
Dimana:
Qd : Jumlah barang yang diminta
Pq : Harga barang itu sendiri
Ps.i : Harga barang-barang substitusi (i=1,2,…,n)
Y : Pendapatan
S : Selera
D : Jumlah penduduk.
Baca Juga: Artikel Pendapatan 2 Sektor dan 3 Sektor, Pengertian pendapatan 2 sektor & 3 Sektor, contoh soal fungsi konsumsi
Baca Juga: Artikel Pendapatan 2 Sektor dan 3 Sektor, Pengertian pendapatan 2 sektor & 3 Sektor, contoh soal fungsi konsumsi
Pengertian Penawaran
Penawaran adalah sejumlah barang yan dijual atau ditawakan pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh:
Seorang penjual di sebuah pasar yang menawarkan barang-barang dagangannya kepada pmbli yang ada di pasar.
Seorang penjual di sebuah pasar yang menawarkan barang-barang dagangannya kepada pmbli yang ada di pasar.
Hukum Penawaran
“Semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan (Cateris Paribus)”.
Hukum diatas dapat diartikan,apabila harga naik, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan meningkat. Jika harga barang atau jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang. Dapat disimpulkan bahwa hokum penawaran berbanding lurus dngan harga barang
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran (Supply)
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Contoh: Produsen akan mempoduksi produk lebih sediki apabila biaya produksi yang dikeluarkan lebih tinggi dan secara otomatis harga jual barang tersebut juga tinggi.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan mempengaruhi jumlah permintaan,karena dengan kenaikan pajak,harga barangpun mnjadi lebih tinggi.
4. Ketersediaan dan Harga Barang pengganti/pelengkap
Penjual yang mnjual barang sjenis dengan harga murah,maka pembeli akan bralih ke produk yang levbih murah diantara penjual terseut.
5. Prediksi
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat harga barang barang tersebut yang ditawarkan oleh penjual. Kurva ini dibuat atas dasar data riel mengenai hubungan tingkat harga barang dan jumlah penawaran barang tersebut yang dinyatakan dalam daftar penawaran (tabel penawaran).
Pergeseran kurva Penawaran
Sama halnya pada pegeseran kurva permintaan,kurva penawaran juga mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.perhatikan tabel berikut dibawah ini.
Harga Jeruk (Rp/kg) | Jumlah Barang yang Ditawarkan | |
Sebelum Kenaikan Harga (kg) | Sesudah Kenaikan Harga (kg) | |
4.500 | 50 | 40 |
4.750 | 60 | 50 |
5.000 | 70 | 60 |
5.250 | 80 | 70 |
5.500 | 90 | 80 |
5.750 | 100 | 90 |
6.000 | 110 | 100 |
Dari tabel diatas dapat dibentuk kurva sebagai brikut.
Perhatikan kurva penawaran di atas. Kurva penawaran S bergeser ke kiri menjadi S1. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penawaran akan jeruk mengalami penurunan. Penurunan kurva penawaran jeruk tersebut sebagai akibat dari meningkatnya harga pupuk. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dari salah satu atau lebih faktor-faktor yang dulu dianggap tetap, akan mengubah jumlah penawaran sekaligus menggeser kurva penawaran.
Baca Juga: Artikel Tentang Depresisasi, Pengertian Depresiasi, Faktor Depresisasi, Macam-macam Depresiasi, Contoh Soal Depresiasi
Baca Juga: Artikel Tentang Depresisasi, Pengertian Depresiasi, Faktor Depresisasi, Macam-macam Depresiasi, Contoh Soal Depresiasi
Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual dan semua faktor yang mempengaruhinya. Fungsi penawaran secara umum:
Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
Dimana:
Qs : Jumlah barang yang ditawarkan
Pq : Harga barang itu sndiri
Pl.i : Harga barang-barang lain(i=1,2,…,n)
O : tujuan-tujuan perusahaan
T : Tingkat teknologi yang digunakan
Komentar
Posting Komentar