Artikel Permintaan dan Penawaran, Pengertian Permintaan, Fungsi Penawaran


MATERI PENGANTAR ILMU EKONOMI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah
Pengantar Ilmu Ekonomi


Oleh
Ilham Zuliadin
1603061



Dosen Pengampu
Ir Erwin Gunadhi, MT





JURUSAN TEKNIK INDUSTRI
SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI GARUT
2017

Permintaan dan Penawaran

Pengertian Permintaan

Permintaan ialah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh: uki hayato berniat untuk membeli suatu barang yang sesuai dengan harga yang diinginkan di suatu pasar. Hal ini berarti Uki Hayato melakukan proses permintaan kepada seorang penjual.

Hukum Permintaan

Semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin banyak barang tersebut yang diminta, dan sebaliknya. Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, akan semakin sedikit permintaan barang tersebut (cateris paribus).
Hukum permintaan diatas dapat diartikan dengan prmintaan konsumen akan suatu barang akan tinggi bila harga yang yang diberikan oleh penjual lebih rendah,dan sebaliknya permintaan konsumen akan suatu barang akan rendah apabila harga yang ditawarkan tinggi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
1.             Perilaku Konsumen
Contoh: Saat ini permintaan konsumen akan motor Kawasaki ninja sangat tinggi karena dianggap motor tersebut sesuai dengan trend masa kini .Tetapi beberapa tahun yang akan datang mungkin motor Kawasaki ninja dianggap sudah kuno.
2.             Ketersediaan dan harga barang jenis pengganti dan pelengkap
Contoh: Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3.             Pendapatan/Penghasilan Konsumen
Contoh: Seseorang yang memiliki gaji/pendapatan lebih tinggi,ia dapat membeli lebih banyak barang sesuai dengan kebutuhannya.begitupun sebaliknya.
4.             Perkiraan harga di masa depan
Contoh: Bensin yang diperkirakan harganya akan naik akibat berkurangnya subsidi dari pemerintah,maka permintaan pembeli akan smakin tinggi
5.             Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Contoh: Pada bulan Ramadhan permintaan akan buah kurma akan lebih tinggi dibanding dengan bulan-bulan lainnya

Baca Juga: Artikel Inflasi dan Deflasi, Jenis-jenis Inflasi, Penyebab Inflasi, Teori-teori Inflasi, Upaya Menekan Inflasi, Pengertian Deflasi,Penyebab Deflasi, Pengaruh Deflasi

Kurva Permintaan

Kurva permintaan adalah suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang tersebut yang diminta oleh parapembeli.Kurva permintaan dibuat berdasarkan data riel di masyarakat tentang jumlah permintan dan faktor-faktor yang memengaruhinya.
Perhatikan daftar permintaan Uki akan jeruk yang dibelinya pada tabel berikut ini.
Titik
Harga Jeruk
Jumlah Barang yang Diminta
A
Rp. 4.500.000
140 kg
B
Rp. 4.750.000
120 kg
C
Rp. 5.000.000
100 kg
D
Rp. 5.250.000
80 kg
E
Rp. 5.500.000
60 kg
F
Rp. 5.750.000
40 kg
G
Rp. 6.000.000
20 kg
Berdasarkan tabel diatas makin dapat dibuat grafik seperti dibawah ini.
Bentuk kurva permintaan diatas memiliki kemiringan(slope) ngatif atau bergerak dari kiri atas ke kanan bawah,yang artinya apabila harga jeruk turun maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.dan sebaliknya(sesuai dengan hokum permintaan Cateris paribus).
Dalam menganalisis permintaan terdapat dua istilah berbeda yaitu permintaan dan jumlah barang yang tersedia diminta.

Pergeseran Kurva Permintaan

Pada contoh kasus diatas ditunjukkan bahwa berubahnya jumlah jeruk yang diminta Uki akibat dari perubahan harga jeruk itu sendiri.Bagaimana dengan factor-faktor lain yang mempengaruhi tingkat permintaan.Perhatikan table di bawah ini.
Harga Jeruk (Rp/kg)
Jumlah Jeruk yang Diminta
Pendapatan Awal (kg)
Pendapatan meningkat (kg)
Pendapatan Menurun (kg)
4.500
140
155
130
4.750
120
135
110
5000
100
115
90
5.250
80
95
70
5.500
60
75
50
5.750
40
55
30
6.000
20
35
10

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEieaisXteZEqVC13xKBqRWjuicWHFqqNkD_Y0ycYpaNcSo15CFhR4o8JkW5YZeUGmq06EdC-SS1SfFqf_L6Kp6O3JMmqdp3i1diaDE5uqY8WQA7SCCJJQsW0XGanWv3l-8KwHsSDwJhYkw/s1600/1.pngDari table diatas maka dapat dibuat grafik sperti dibawah ini.

Fungsi Permintaan

Fungsi Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan factor-faktor yang mempengaruhinya.
Berdasarka factor-faktor yang mempengaruhi permintaan,maka dapat disusun fungsi permintaan umum sebagai brikut:
Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D)
Dimana:
Qd       : Jumlah barang yang diminta
Pq        : Harga barang itu sendiri
Ps.i      : Harga barang-barang substitusi (i=1,2,…,n)
Y         : Pendapatan
S          : Selera

Pengertian Penawaran

Penawaran adalah sejumlah barang yan dijual atau ditawakan pada suatu harga dan kurun waktu tertentu.
Contoh:
Seorang penjual di sebuah pasar yang menawarkan barang-barang dagangannya kepada pmbli yang ada di pasar.

Hukum Penawaran

Semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan (Cateris Paribus)”.
Hukum diatas dapat diartikan,apabila harga naik, maka jumlah barang atau jasa yang ditawarkan meningkat. Jika harga barang atau jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang. Dapat disimpulkan bahwa hokum penawaran berbanding lurus dngan harga barang
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran (Supply)
1.             Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Contoh: Produsen akan mempoduksi produk lebih sediki apabila biaya produksi yang dikeluarkan lebih tinggi dan secara otomatis harga jual barang tersebut juga tinggi.
2.             Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3.             Pajak
Pajak yang naik akan mempengaruhi jumlah permintaan,karena dengan kenaikan pajak,harga barangpun mnjadi lebih tinggi.
4.             Ketersediaan dan Harga Barang pengganti/pelengkap
Penjual yang mnjual barang sjenis dengan harga murah,maka pembeli akan bralih ke produk yang levbih murah diantara penjual terseut.
5.             Prediksi
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

Kurva Penawaran

Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan hubungan antara tingkat harga barang barang tersebut yang ditawarkan oleh penjual. Kurva ini dibuat atas dasar data riel mengenai hubungan tingkat harga barang dan jumlah penawaran barang tersebut yang dinyatakan dalam daftar penawaran (tabel penawaran).
Pergeseran kurva Penawaran
Sama halnya pada pegeseran kurva permintaan,kurva penawaran juga mengalami pergeseran karena adanya perubahan faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.perhatikan tabel berikut dibawah ini.
Harga Jeruk (Rp/kg)
Jumlah Barang yang Ditawarkan
Sebelum Kenaikan Harga (kg)
Sesudah Kenaikan Harga (kg)
4.500
50
40
4.750
60
50
5.000
70
60
5.250
80
70
5.500
90
80
5.750
100
90
6.000
110
100
Dari tabel diatas dapat dibentuk kurva sebagai brikut.

Perhatikan kurva penawaran di atas. Kurva penawaran S bergeser ke kiri menjadi S1. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah penawaran akan jeruk mengalami penurunan. Penurunan kurva penawaran jeruk tersebut sebagai akibat dari meningkatnya harga pupuk. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya perubahan dari salah satu atau lebih faktor-faktor yang dulu dianggap tetap, akan mengubah jumlah penawaran sekaligus menggeser kurva penawaran.

Baca Juga: Artikel Tentang Depresisasi, Pengertian Depresiasi, Faktor Depresisasi, Macam-macam Depresiasi, Contoh Soal Depresiasi

Fungsi Penawaran

Fungsi penawaran adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan oleh penjual dan semua faktor yang mempengaruhinya. Fungsi penawaran secara umum:
Qs = f (Pq, Pl.i, C, O, T)
Dimana:
Qs        : Jumlah barang yang ditawarkan
Pq        : Harga barang itu sndiri
Pl.i       : Harga barang-barang lain(i=1,2,…,n)
O         : tujuan-tujuan perusahaan
T          : Tingkat teknologi yang digunakan






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Kerja Bangku dan Peralatan Kerja Bangku

Hasil Produk Mesin Bubut